Jumat, 08 Mei 2015

Tips Cara Perawatan dan Pemeliharaan Mesin Pendingin Chiller Freezer.

081936999998
RAJAWALI TEKNIK BANDUNG :



CARA PERAWATAN  Membersihkan unit kondensor.

  •  Bersihkan Unit kondensor dari debu yang menempel menggunakan kuas maksimal satu bulan sekali,Jika unit kondensor dibantu fan kondensor Bersihkan fan kondensor dan lumasi motor fan kondensor maksimal 6 bulan sekali. 
  • Bersih dan kotornya unit kondensor berpengaruh besar dalam proses pendinginan suatu mesin pendingin,jika kondensor kotor maka proses pendinginan berjalan dengan lambat dan pemakan listrik yang semakin besar  serta  akan mengakibatkan kerusakan pada unit kompresor,
Membersihkan Unit Evaporator
  • Bersihkan Unit Evaporator dari kotoran yang menempel menggunakan kuas atau sikat, Jika Unit Evaporator banyak bunga es cairkan  dengan mematikan mesin dan biarkan cair dengan sendirinya,jangan coba membersikanya dengan memukul atau mencongkelnya dengan benda tajam karena bisa merusak unit Evaporator. 
  • Bersih dan kotornya unit Evaporator berpengaruh besar dalam proses pendinginan suatu mesin pendingin,jika Evaporator kotor maka proses pendinginan berjalan dengan lambat atau bahkan tidak dingin sama sekali.
Mengecek control Electrical ( pekerjaan ini hanya bisa dilakukan oleh teknisi )
  •  Mengecek kekencangan sambungan2 kabel ( sambungan kabel yang kendor bisa menimbulkan panas,percikan api dan kebakaran)
  • Mengecek tegangan dan ampere ( pastikan mesin bekerja pada batas tegangan dan ampere yang di ijikan seperti tertera pada plat kompresor,jika bekerja diatas atau dibawah tegangan dan ampere yang diijinkan maka harus di cari penyebabnya dan diperbaiki )

Dilihat dari  beberapa cara perawatan suatu mesin pendingin yang tersebut diatas dapat disimpulka bahwa  sirkulasi udara baik didalam ruang yang didinginkan ataupun diluar ruangan yang didinginkan bahkan tempat dimana mesin pendingin ditempatkan akan berpengaruh besar dalam operasional suatu mesin pendingin.


Masalah yang sering terjadi pada mesin pendingin adalah kerusakan motor kompresor dan untuk memperbaikinya diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Kenapa Motor Kompresor Rusak?

Jawabanya adalah karena mesin tidak ada perawatan.

kalau minimalya beberapa cara perawatan tersebut diatas dan masaih ada cara perawatan yang lebih spesifik  belum saya jelaskan disini dilakukan maka tujuan perawatan akan tercapai.

TIPS UNTUK PENGGUNA MESIN PENDINGIN
  • Tempatkan mesin pendingin pada tempat yang sesuai. ( bisa dibaca terlebih dahulu manual book yang disertakan pada saat pembelian mesin pendingin)Contohnya yaitu:Pastikan suhu ruangan   tidak terlalu panas dan sirkulasi udara yang cukup.Mesin pendingin tidak boleh bersentuhan langsung dengan mesin pemanas seperti oven,kompor dll 
  • Lakukan perawatan seperti tersebut diatas atau percayakan perawatan mesin pada teknisi 
  • Jangan memasukan barang yang  masih panas ke dalam mesin pendingin dll 
  • Jika mesin ada gejala-gejala yang aneh tidak seperti biasanya segera hubungi teknisi untuk mengeceknya